Senin, 15 Juni 2009

Lampu Gajah



Tugas lampu ini adalah tugas akhir kita buat yang bikin-bikin produk. Setelah sebelumnya, kita diberi tugas mencari kliping tentang kap lampu, bikin brainstorming, dan mind-mappingnya. Huh.. emang dasar saya yang gak bisa memanfaatkan tugas-tugas pendahuluan dengan benar.. Ide-nya (saya mau jujur) baru datang pas hari pembuatan.. hiks.. Tapi, enaknya bikin tugas ini, saya gak ngeluarin uang sedikit pun.. Ini nih, hasil pembuatan kap lampu saya..


Gambar lampu gajah..


Nama : Lampu Gajah

Bahan : botol plastik merk aqua 1,5 L(sumbangan dari Febby dan Ijah.. Spent no cost!!), benang kasur.

Alat : Gunting, cutter, lem ca dan uhu(bekas tugas pramana), double tape.

Inspirasi :

  1. Lampu meja.. Pengen bikin lampu meja, tapi fungsinya paling nggak bisa sama kayak lampu meja pada umumnya.. Jadilah, lampu meja yang punya belalai yang bisa digerak-gerakin.. hehe..

  2. Ide lampu yang punya belalai sebenernya datang dari teman – teman saya pas ngerjain lampu ini (ngerjainnya ber-4.. saya, karina, tama, dan ijah) yaitu karina.. Tapi, karena idenya itu gak jadi dipake dan saya bingung juga bikin lampu kayak apa, jadinya saya ambil deh idenya karina dan saya modifikasi dan tambahin lagi sendiri..hehe..

Lama Buat : Seharian

Tempat Buat : Rumah “Ijah” Khadijah yang nyaman, luas, dan gede..

Cara Buat :

  • Pertama-tama saya bikin belalainya dulu nih.. Ada 6 atau 7 kalo gak salah botol aqua untuk bikin belalai.. Banyak banget? Iya.. biar geraknya bisa mantap.. manuvernya bisa oke.. maksudnya.. geraknya bisa jauh kemana-mana gitu.. Saya pake bagian atasnya sampai ke batas botol sebelum bagian yang bergambar gunung-gunung itu.. Jadi yang dipake.. dari bagian tutup sampai bagian yang berpola garis-garis itu.

  • Lalu digabungin deh, dengan ditumpuk-tumpuk.. Bagian ujung botol yang bundar bikin tumpukan itu jadi kuat.. Selain itu untuk lebih menguatkan, semua bagian botol yang disambung kecuali bagian paling atas dan bawah dipakai tanpa tutup botolnya. Jadi ada semacam terowongan dalam sambungan botol-botol itu. Bagian paling bawah belalai ditutup dengan tutup botolnya, begitu juga bagian atasnya setelah sebelumnya dimasukin benang kasur, baru benang kasur yang keluar dari masing-masing botol paling atas dan bawah ditutup dengan tutup botol. Sambungan botol tadi jadi kuat, deh.. Selain itu terowongan yang dimasukin benang kasur tadi juga dimaksudkan buat dimasukin kabel untuk lampu.. Bedanya, kalo benang kasur tadi dijepit sama tutup botol, biar bikin sambungan jadi kuat.. Kalo kabel kan kayak gitu bisa putus.. Jadi dibikin lubang di tutup botol buat masuk kabel.. Siip gak..

  • Setelah itu kita bikin kap buat tempat lampunya.. Saya manfaatin pola botol aqua yang bergaris-garis buat bikinnya.. Saya gunting pola bergaris-garis itu buat bikin bualatan-bulatan bertumpuk lalu disambungin tengahnya ke belalai yang nanti jadinya seperti foto diatas tadi..

  • Setelah itu, tahap terakhir. Tahap terakhir ini sebenarnya ada karena ketololan saya,, Huff.. habis belalainya yang besar bahkan terlalu lemah buat nahan tempat lampunya dan gak bisa berdiri jadinya.. Huff(lagi)… Jadi buat ngakalinnya, saya bikin penahan disekeliling belalai lampu yang terdiri dari 5 botol aqua 1,5 liter yang dibagi dua (yang dipake bagian bawahnya saja.. Hehe.. ternyata setelah diliat-liat.. penahan ini bisa dipake buat fungsi lain yaitu buat naro benda-benda kayak alat tulis dan semacamnya.. Jadi kuat dan multifungsi deh..


Enaknya, ngerjain bareng-bareng itu.. kita bisa nanya pendapat temen-temen yang lain tentang karya kita sekaligus saling Bantu.. hehe.. Kalo kata temen-temen saya yang bikin bareng saya sih.. konsepnya dah bagus banget bisa gerak-gerak gitu, bentuk tempat lampunya juga bagus bullet-bulet (membahagiakan diri sendiri..hehe..). Cuma terlalu gede aja jadinya (secara 6 botol aqua – disambungin ampe atas) dan agak rapuh juga. “Masih bagus” kata mereka tulus.

Tapi, justru ini jadi kelemahan terbesar saya pas besoknya presentasi.. Karena.. pas besok pas mau presentasi mungkin gara-gara kesenggol banyak lampu yang lain.. Penahannya lepas satu.. Dan… tebak!!.. sialnya, sebelum saya selesai ngelem satu penahan yang lepas itu, si Tama yang presentasi sebelumnya manggil saya buat jadi the next presentator… HHUUUUWAAA..

Jadi deh, grogi 1000 watt.. Huhh.. Grogi abis, sambil megangin lampunya yang takut jatoh.. Semua catatan yang mau diomongin jadi nguap kayak aer gosong.. Hmm.. mungkin emang salah perhitungan saya.. Oooh GOSH!!


PS: Saya mau nambahin tentang lampu favorit saya yang dipajang di ruang kuliah bersama dengan tugas lampu saya dan temen-temen saya. Dari lampunya Febby yang oke banget dan sumpah niat banget bikinnya itu sampai lampu yang dibuat seadanya dari seeorang teman yang gak mau saya sebutkan disini. Yang saya bilang paling mengena dihati saya itu, lampu milik Alies Bayu.. Lampunya berbentuk kodok.. Kreatifnya dia manfaatin bentuk botol plastik soft drink yang ukuran 1,5 L yang emang bagian bawahnya berbentuk seperti kepala kodok jadi lampu yang bener-bener mirip kodok.. Cukup simpel tapi jadinya bagus banget. 2 bagian bawah dari botol itu disambungin pake retsleting.. JAdi keliatannyua retsleting itu jadi mulutnya si kodok.. Dan dengan retsleting itu juga kita bisa ganti lampunya.. Teru sbagian atas lampunya dikasih 2 mata belo kodok bikinan sendiri. Wow.. gak nyangka jadinya emang mirip kodok beneran.. Siip deh, buat Alies Bayu!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar