Senin, 15 Juni 2009

Topi Dangdut??


Di awal kuliah kreativitas semester 2, kita diberitahu format baru tentang kuliah terutama tugas2 baru yang bakal kita hadapi buat lulus di mata kuliah kesayangan kita ini.. Trus kita diliatin slide-slide foto mbak-mas 2007 pas kuliah kreativitas.. Wah kayaknya mereka semua make kacamata aneh-aneh deh.. Hmm.. ternyata mereka bikin kacamata sesuai dengan genre-genre musik.. Yang saya paling inget itu.. Gara-gara emang kreatif dan unik trus dapet pujian dari dosen... kacamata bikinan mas bintang 2007 yang pake garpu bengkok.. Wah.. bagus deh, terinspirasi dari genre musik metal.. Pake 2 buah garpu yang emang warnanya metalik trus dibengkokin dan digabungin gitu.. Jatuhnya kayak kacamata yang dipopulerin ama band Nidji yang bergaris-garis warna-warni itu loh.. Tapi yang ini warnanya metalik dan bentuknya sesuai bentuk mata garpu yang lebih flat dan kotak. Gak seperti kacamata Nidji yang agak retro tadi.. Nah, jadinya terlihat lebih futuristik deh!! Haha.. Pokoknya dapet banget metalnya.. Kreatif ya?? Ternyata bikin produk kayak gini ga perlu susah-susah dan mahal ya?? Cukup 2 buah garpu!! Wow!! Salut d!!


Hmm.. jadi, kalau semester lalu kita cuma gambar atau nulis tentang ide-ide kita mengenai suatu produk.. Kali ini kita kudu mewujudkan produknya.. Trus kalo senior-senior tahun lalu disuruh bikin kacamata, kali ini kita disuruh bikin topi.. Tetap sesuai dengan genre-genre musik.


Awalnya, pada kuliah kali itu kita dikasih denger lagu dari berbagai genre musik। Dari yang bikin ngantuk, bikin joget, sampai bikin bangun lagi. Trus selagi mendengar berbagai musik itu, kita bikin sketsa tentang topi yang terinspirasi dari musik yang kita denger tadi॥ Nah, habis itu baru deh pembahasan tentang mengeksplorasi ide kita berdasarkan musik itu. Lalu, topinya dikumpulin 2 minggu setelah kuliah tersebut.

Nama : Topi Joget Dangdut

Inspirasi : Penari latar di panggung musik dangdut dan dewi persik

Bahan : bola plastik dibagi 2, manik-manik, kain perca berbahan sequin, benang, pilox, pita emas atau perak.

Alat : Gunting, Benang, Jarum, pilox emas atau perak, lem atau double tape

Lama Buat : Seharian

Tempat Buat : Kamar Asrama..

Cara Buat :

  • Pertama-tama buat alas topinya.. tentu kita harus membelah bola plastik menjadi 2 bagian, pakai salah satunya aja. Lalu pilox bagian luar dan dalam kalau mau. Terus keringkan deh.

  • Setelah kering, pinggiran bola kita lubangin kira-kira tiap 2cm. Tergantung selera, kalau lebih rapat, hiasan manik-maniknya bakal lebih heboh sekaligus bikin gatel yang make.

  • Tiap lubang itu kita pasangin manik-manik yang disambung ama benang. KAlo saya bikin panjang benangnya sepanjang jari kelingking saya. Kalo Anda mau lebih heboh, panjang benangnya sepanjang lengan saya, juga OK.. Dijamin, benangnya bakal kusut duluan.. Hehe..

  • Nah, setelah manik-maniknya terpasang, siapkan kain perca berbahan sequin yang bling-bling dangdut itu.. Lalu, pasangkan di sekeliling bola dengan double tape dengan menyisakan setengah bahan buat dijadikan ekor topi. Jadi kesannya tu ekor kaya rambut panjang gitu. Nah, ekor topi dari kain perca tadi diiket kenceng dan rapi pake pita warna emas..

  • Jadi deh, Topi Joget dangdut..


Dalam bayangan saya, topi ini kalo dibawa nari dangdut sama dewi persik, manik-maniknya bakal ikutan nari-nari dan muter-muter dengan gaya.. Trus dikasih bahan sequin biar keliatan mencolok aja.. seperti karakter dangdut yang kalo di panggung menyedot perhatian banyak orang.. Oia, kenapa dikasih pilox? Karena bahan yang saya pake itu agak transparan, jadi kalo dasarnya dilapisin warna emas akan lebih oke.. Lagipula bola plastiknya itu punya warna belang-belang merah-putih yang gak cocok banget sama bahan sequinnya..


For information, karya pertama saya ini masuk dalam beberapa karya terbaik yang disuruh maju ke depan loh॥ Hehe.. Tapi sayangnya saya gak jadi yang paling terbaik.. MATERI WAJIB FARDU A'INtapi tetep happy!! lol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar