Sabtu, 13 Juni 2009

MIND MAPING, do you need a map? Definitely, YES!











Pada kuliah bermateri Mind Maping kala itu, kita disuguhi materi beda. Cara mudah mengorganisir ide-ide kita yang terlalu kemana-mana agar lebih terarah.. Atau sekedar mencatat materi-materi bejibun dengan format yang lebih sederhana dan jadi gampang dipelajari..


Oia.. ada cerita dibalik mind maping.. Sebenarnya konsep ini sudah saya kenal sejak SMA.. Dari bimbel yang ngajarin beribu-ribu cara gampang buat belajar, menghapal, even.. mencatat.. yang kayak mindmaping gini.. Trus dari guru fisika saya yang juga mantan guru sebuah bimbel yang sering ngajarin murid2nya dengan konsep mind maping… Jadi dia ngajarin murid2 sekolahnya dengan konsep sama.. Tapi gara2 ni guru nih saya waktu itu jadi muak ama mind maping.. Soalnya si guru itu nyatet rumus2 fisikanya yang udah dia susun duluan dengan format mind maping dan terus dijiplak blek lagi di papan tulis dan kembali dijiplak plek-plek di catatan anak-anak.. However.. si guru ini gak bisa ngejelasin rumus2 nya.. entah karena males atau irit kata2.. sehingga dia cuma nyebutin (bukan ngejelasin y..) rumus dasarnya dan nyuruh kita liat contoh soal.. habis itu kerjain semua soal yang berkaitan dengan rumus itu, juga rumus2 turunan yang belum dia jelasin… Lah kalo saya-nya pinter dan langsung ngerti dengan sekali liat rumus sih..oke-oke aja.. Saya ini lemot banget soal logika-logika Apalagi logika fisika.. Alhasil catatan saya lengkap dengan mind maping warni-warni --Which I like to decorate it better than learn it-- tapi gak ada satu pun rumus lengkap yang masuk ke otak saya pas kelas 2 SMA ini.. Hehe.. Senangnya ternyata banyak juga yang kayak saya.. Pas masa-masa perbaikan habis ulangan nih.. saya dan banyak temen2 senasib ngikutin perbaikan berulang kali gak hanya ulangan umumnya.. tapi juga ulangan2 harian dari bab1 sampe terkahir.. Hwahaha.. klo yang kayak gini yang salah siapa ya?? Eh, kisah yang ini gak bermaksud menghujat siapa-siapa loh!!


Oke, balik ke mind maping.. Di despro saya menemukan pencerahan dibalik dilemma mind maping kelas 2 sma itu.. Ternyata bikin mind maping asik loh teman-teman.. Eh iya, ada buku mind maping bagus banget yang judulnya “BUKU PINTAR MIND MAP” buku ini deresensi oleh teman feak(sori) saya di kelas Produk bernama Bebek.. upps.. Aditya Virandy buat kerennya.. Jadi sekalian bercerita tentang resensinya Bebek.. yoW!!

Bukunya ditulis oleh Tony Buzan.. ada 6 bab di buku ini..

Bab 1 : Apakah Mind Map itu..

Bab2 : Mengenali otak dan potensi..

Bab 3 : Resep utama meraih kesuksesan

Rumus sukses adalah TEFCAS

  • T = trial atau percobaan.

  • E = event atau peristiwa.

  • F = feedback atau umpan balik.

  • C = check atau memeriksa.

  • A = adjust atau menyesuaikan diri.

  • S = success atau sukses

Bab 4 : Senam otak untuk kesuksesan mental

Bab 5 : Pengetahuan untuk tubuh dan akal

Bab 6 : Mind map untuk keberhasilan sehari-hari..


Intinya mind map adalah alat Bantu untuk mengarahkan ide2 dan pikiran kita agar tersusun dengan jelas.. cara membuatnya gampang kok :

1. Mulai dengan topik utama – di tengah
2. tulis sub-topik penting
3. tambah dan hubungkan dengan sub-sub-topik
4. Ulangi langkah 2 dan 3 hingga ‘outline’ lengkap


Klo di despro juga ditekankan penjelasan dengan gambar yang gampang dikenal dan pemberian warna yang berbeda pada setiap sub-bahasan.. jadinya lebih atraktif deh.. good..good.. Waktu itu pertama kali kita disuruh bikin mind map untuk ngebuat produk kursi.. Terus dikasih tugas bikin mind map lagi buat produk sendok.. Dari mind map itu jelas deh.. apa aja alternatif yng kita punya.. Dari situ, keluar sub topik yang beragam : bahannya gimana, konsumennya siapa, buat apa sendoknya sampai berapa cm gagang sendoknya. Jadi deh.. klo kita dah nentuin tujuan kita buat sendok kayak gimana langsung bisa tersusun dengan rapi segala macam menuju produksi produknya.. oke kan??


Ini nih diantaranya manfaat mind map:
• Mempercepat pembelajaran
• Melihat koneksi antar topik yang berbeda
• Membantu ‘brainstorming’
• Memudahkan ide mengalir
• Melihat gambaran besar
• Memudahkan mengingat
• Menyederhanakan struktur
• dsb


Mind Mapping sebenarnya juga bisa digunakan untuk brainstorming, jembatan diskusi, berbagi ide, bahkan mengerjakan proyek bersama. Anda bisa membuat pemecahan bersama-sama rekan dalam tim (semua ngomong, lalu ada yang menulis di selembar kertas besar), juga bisa menggabungkan mind map dari anggota tim (bikin masing-masing lalu digabungkan), bahkan mind map bisa dipakai sebagai slide presentasi tiap anggota untuk berbagi ide kepada orang lain.

Oiya.. Ini nih contoh2 mind map dan ebooknya॥

Terimakasih buat sumbernya alifdankayla.files.wordpress.com/2008/04/cont.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar