Senin, 15 Juni 2009

Jilbab batik biru..

jilbab biru kalo tergeletak gak dipake


nah, ini si kancing-kancing serbagunanya..


dikancingin ke belakang biar gak panas


Tugas kedua nih॥ Kita masih disuruh bikin hal yang sama sebenernya dari tugas pertama। Tetep penutup kepala.. tapi bahan utamanya harus berupa kain khas Indonesia.. Mau batik, songket, yang pening khas Indonesia.. Berusaha kreatif nih..(maunya...!!) saya pengen bikin pentup kepala yang beda. Hmmm.. penutup kepala kan banyak mcamnya ya?? Entah kenapa pilihan saya jatuh ke jilbab buat dibikin penutup kepala..

Nama : Jilbab Batik Biru..

Bahan : Batik warna biru, kancing, topi bekas Sketsa, kancing, secarik kaen hitam, kertas tebel.

Alat : Gunting, jarum, benang, lem atau double tape

Inspirasi :

  1. Jilbab buat anak kecil

  2. Kebiasaan anak SD yang sering buka jilbabnya kalo pas hari-hari tertentu pake seragam baju muslim.. Jadi, pengen bikin jilbab yang praktis aja buat mereka..

Lama Buat : Seharian

Cara Buat :

  1. Dengan tujuan membuat jilbab yang praktis, saya membuat jilbab ini seperti topi. Jadi yang pertama dilakukan adalah mencari topi bekas. Dalam hal ini saya pake topii Sketsa saya. Lalu memotong bagian depan topinya.

  2. Lalu potong bahan batiknya mengikuti pola jilbab praktis atau yang biasa disebut bergo pada umumnya. Kalo mau rapi, pinggiran kain bisa disum terlebih dahulu. Baru setelah itu ditempel dan dijahit pada topi tadi. Nah, dengan begini jilbab serasa pas di kepala.

  3. Agar bentuknya bagus, bagian depan jilbab diberi tudung seperti pada bergo yang terbuat dari kertas tebal.. Setelah itu buat menegaskan bentuknya saya lapisi tudung itu dengan kain hitam, lalu ditempel ke bagian depan jlbab.

  4. Sudah menyerupai jilbab? Hmm.. bagian depan bergo biasanya dijahit biasa.. Nah, dalam hal ini saya gak menjahitnya.. tapi, hanya bikin kancing-kancing di depannya. Tujuannya ada pada fungsi lain jilbab ini selain sebagai penutup kepala. Saya bilang diatas tentang inspirasi saya ini adalah anak SD perempuan yang sering tidak tahan memakai jilbab dan melepasnya. Solusi saya, agar jilbab itu tetep nempel di kepala anak-anak tapi anak-anak itu tidak kegerahan adalah dengan memasangkan kancing-kancing itu. Kenapa? Selain untuk mengancingkan bagian depan kancing itu tentunya bisa dibuka dan dengan cara saya, saya membuatnya bisa dikancingkan ke belakang tengkuk leher agar leher anak-anak tadi tidak kepanasan. Gitu deh.. Menurut kamu, gimana??


Sayangnya, pas presentasi saya baru ingat kalau jilbab ini dibuat dengan ukuran yang kecil agar muat pada anak-anak. Jadi tentu saja gak bakal muat saya pakai.. kalaupun bisa saya gak bakal bisa memakainya karena saya juga sudah pakai jilbab dan pasti bakalan lebih gak muat lagi disaya.. Putus asa.. pas presentasi saya tunjuk Caca yang mungil buat make jilbabnya.. Huhu.. gak tau jilbabnya yang salah atau gimana.. Kok gak seperti ketika saya coba kemarin.. Rambutnya caca jadi keluar-keluar gitu dan bentuk jilbabnya jadi aneh. Tapi saya yakin deh kalo jahitannya dirapiin bakal jadi lebih bagus.. (membahagiakan diri sendiri) LOL.....!!


4 komentar:

  1. konsep yg bagus....
    tp knp tu manekin hrus warna item....???

    BalasHapus
  2. biar menonjolkan keeksotisannya.. haha..

    BalasHapus
  3. mba,, keren bgd blog'a...
    mba, pasti yg buat krudung tuk nak SD, dpt ide'a psti karna inget ma almas...
    hehehe jujur aja mba!!!^_^

    BalasHapus